Kamis, 04 April 2019

LAYANAN SIRKULASI



MASALAH DAN SOLUSI  SEPUTAR LAYANAN SIRKULASI
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata sirkulasi berarti peredaran. Sedangkan menurut Lasa HS mengemukakan bahwa kata sirkulasi berasal dari bahasa Inggris “Circulation” yang berarti perputaran, peredaran seperti pada sirkulasi udara, sirkulasi uang dan lain sebagainya.
Syihabuddin Qolyubi dkk mengemukakan bahwa layanan sirkulasi merupakan salah satu jasa perpustakaan yang berhubungan langsung dengan pemustaka. Sedangkan menurut Karmidi Martoatmojo  bahwa layanan sirkulasi menyangkut masalah peredaran bahan-bahan perpustakaan yang dimiliki perpustakaan dengan para pemakainya. Layanan sirkulasi menurut Lasa HS adalah mencakup semua bentuk kegiatan pencatatan yang berkaitan dengan pemanfaatan, penggunaan koleksi perpustakaan dengan tepat guna dan tepat waktu untuk kepentingan pengguna jasa perpustakaan.
Berdasarkan pendapat para ahli diatas dapat penulis simpulkan bahwa layanan sirkulasi merupakan kegiatan yang berinteraksi langsung dengan pemustaka berhubungan masalah peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan. Agar kegiatan ini dapat berjalan lancar harus didukung pustakawan yang profesional.
            Kegiatan layanan sirkulasi ini sering berhubungan dengan pemustaka sehingga dapat dikatakan sebagai ujung tombak dari perpustakaan. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam layanan sirkulasi. Adapun kegiatan layanan sirkulasi meliputi antara lain:
1. Keanggotaan
2. Peminjaman
3. Pengambilan
4. Perpanjangan
5. Penagihan
6. Sanksi
7. Memberikan keterangan bebas pinjaman

Permasalahan Seputar Layanan Sirkulasi
Agar layanan sirkulasi berjalan dengan baik sejak awal sudah dibuatkan peraturan dan ketentuan-ketentuan yang diperlukan namun masih ditemukan beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh perpustakaan antara lain :
1) Kehilangan buku
2) Keterlambatan pengembalian buku
3) Pemustaka menghilangkan buku

Cara mengatasinya:
T.Hani Handoko mengemukakan bahwa dalam pembuatan keputusan dalam memecahkan masalah adalah pemahaman dan perumusan masalah, pengumpulan dan analisis data yang relevan, pengembangan alternatif-alternatif, evaluasi alternatif-alternatif, pemilihan alternatif terbaik dan implementasi keputusan untuk mengatasi masalah. Sedangkan menurut Steve Kneeland19 bahwa langkah-langkah pemecahan masalah adalah memahami masalah, mengumpulkan informasi yang baik, mencari akar permasalahan, membuat pilihan-pilihan, memilih solusi terbaik dan membuah masalah terpecahkan.
Selain itu penulis juga menawarkan beberapa alternatif untuk mengatasi permasalahan seputar layanan sirkulasi sesuai dengan kategori permasalahan yang timbul antara lain:

1) Kehilangan buku
Untuk meminimalkan kehilangan buku dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:
a) Memasang security gates
b) Memasang CCTV di ruang koleksi dan pintu keluar masuk
c) Memasang slogan berisikan ajakan ke pemustaka agar mau berperan serta dalam menjaga dan merawat koleksi perpustakaan
d) Menempatkan pustakawan di ruang koleksi untuk memantau kondisi buku, sekaligus melakukan selving dan membantu pemustaka yang kesulitan menemukan koleksi yang dibutuhkan.

 2) Keterlambatan pengembalian buku
Buku-buku yang belum dikembalikan sampai batas waktunya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a) Membuat surat penagihan. Penagihan dapat dilakukan secara bertahap, misalnya 1, 2 atau 3 bulan sekali.
b) Membuat daftar pemustaka dan buku yang belum kembali kemudian diumumkan melalui papan pengumuman, website perpustakaan, dan kerjasama dengan bagian pendidikan

3) Pemustaka menghilangkan buku
Solusinya :
a) Mengganti buku dengan judul, pengarang yang sama dengan buku yang dihilangkan
b) Kalau buku yang dihilangkan sudah tidak ada ditoko buku atau tidak diterbitkan lagi maka pemustaka dapat mengganti buku dengan subyek yang sama
c) Atau mengganti buku yang berbeda tetapi harganya sama
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa layanan sirkulasi merupakan kegiatan mengenai peredaran buku perpustakaan baik peminjaman dan pengembalian. Untuk memperlancar kegiatan sirkulasi perlu membuat peraturan, rambu-rambu dan ketentuan-ketentuan lainnya yang harus ditaati pemustaka.
Dan dalam mengatasi permasalahan yang timbul dari kegiatan layanan sirkulasi dengan cara mempelajari permasalahan, mencari akar permasalahan dan menentukan solusi serta menentukan alternatif yang tepat dalam pemecahan masalah.
Daftar Pustaka
Anoraga, Pandji. Psikologi kepemimpinan. Jakarta : Rineka Cipta, 1992
Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 1991
Lasa HS. Jenis-jenis Informasi Perpustakaan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 1995
Martoatmojo, Karmidi. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta : UT, 2008
Qolyubi, Syihabuddin. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi . Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga, 2003

4 komentar:

  1. Terima Kasih, Sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas.

    BalasHapus
  2. Terima kasih,inforn inf nya cukup akurat dan spesifikasif sangat membantu saya tingkatkan trus

    BalasHapus
  3. Saya sangat beruntung setelah membaca blog ini, karena memberikan banyak informasi bagi saya.terima kasih.

    BalasHapus

Layanan Perpustakaan Digital Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

  Layanan Perpustakaan Digital Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Wahyu Gunanda Email:wahyugunanda12@gmail.com Universitas Islam Neger...