MASALAH DAN SOLUSI SEPUTAR LAYANAN SIRKULASI
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata sirkulasi berarti
peredaran. Sedangkan menurut Lasa HS mengemukakan bahwa kata sirkulasi berasal
dari bahasa Inggris “Circulation” yang berarti perputaran, peredaran
seperti pada sirkulasi udara, sirkulasi uang dan lain sebagainya.
Syihabuddin Qolyubi dkk mengemukakan bahwa layanan sirkulasi
merupakan salah satu jasa perpustakaan yang berhubungan langsung dengan
pemustaka. Sedangkan menurut Karmidi Martoatmojo bahwa layanan sirkulasi menyangkut masalah
peredaran bahan-bahan perpustakaan yang dimiliki perpustakaan dengan para
pemakainya. Layanan sirkulasi menurut Lasa HS adalah mencakup semua bentuk
kegiatan pencatatan yang berkaitan dengan pemanfaatan, penggunaan koleksi
perpustakaan dengan tepat guna dan tepat waktu untuk kepentingan pengguna jasa
perpustakaan.
Berdasarkan pendapat para ahli diatas dapat penulis simpulkan bahwa
layanan sirkulasi merupakan kegiatan yang berinteraksi langsung dengan
pemustaka berhubungan masalah peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan.
Agar kegiatan ini dapat berjalan lancar harus didukung pustakawan yang
profesional.
Kegiatan
layanan sirkulasi ini sering berhubungan dengan pemustaka sehingga dapat
dikatakan sebagai ujung tombak dari perpustakaan. Ada beberapa kegiatan yang
dilakukan dalam layanan sirkulasi. Adapun kegiatan layanan sirkulasi meliputi
antara lain:
1.
Keanggotaan
2.
Peminjaman
3.
Pengambilan
4.
Perpanjangan
5.
Penagihan
6.
Sanksi
7.
Memberikan keterangan bebas pinjaman
Permasalahan Seputar Layanan Sirkulasi
Agar
layanan sirkulasi berjalan dengan baik sejak awal sudah dibuatkan peraturan dan
ketentuan-ketentuan yang diperlukan namun masih ditemukan beberapa permasalahan
yang sering dihadapi oleh perpustakaan antara lain :
1) Kehilangan
buku
2)
Keterlambatan pengembalian buku
3)
Pemustaka menghilangkan buku
Cara
mengatasinya:
T.Hani Handoko
mengemukakan bahwa dalam pembuatan keputusan dalam memecahkan masalah adalah
pemahaman dan perumusan masalah, pengumpulan dan analisis data yang relevan,
pengembangan alternatif-alternatif, evaluasi alternatif-alternatif, pemilihan
alternatif terbaik dan implementasi keputusan untuk mengatasi masalah.
Sedangkan menurut Steve Kneeland19 bahwa langkah-langkah pemecahan masalah
adalah memahami masalah, mengumpulkan informasi yang baik, mencari akar
permasalahan, membuat pilihan-pilihan, memilih solusi terbaik dan membuah
masalah terpecahkan.
Selain
itu penulis juga menawarkan beberapa alternatif untuk mengatasi permasalahan
seputar layanan sirkulasi sesuai dengan kategori permasalahan yang timbul antara
lain:
1)
Kehilangan buku
Untuk
meminimalkan kehilangan buku dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:
a)
Memasang security gates
b)
Memasang CCTV di ruang koleksi dan pintu keluar masuk
c)
Memasang slogan berisikan ajakan ke pemustaka agar mau berperan serta dalam
menjaga dan merawat koleksi perpustakaan
d)
Menempatkan pustakawan di ruang koleksi untuk memantau kondisi buku, sekaligus
melakukan selving dan membantu pemustaka yang kesulitan menemukan koleksi yang
dibutuhkan.
Buku-buku
yang belum dikembalikan sampai batas waktunya dapat dilakukan dengan cara
sebagai berikut:
a)
Membuat surat penagihan. Penagihan dapat dilakukan secara bertahap, misalnya 1,
2 atau 3 bulan sekali.
b)
Membuat daftar pemustaka dan buku yang belum kembali kemudian diumumkan melalui
papan pengumuman, website perpustakaan, dan kerjasama dengan bagian pendidikan
3)
Pemustaka menghilangkan buku
Solusinya
:
a)
Mengganti buku dengan judul, pengarang yang sama dengan buku yang dihilangkan
b) Kalau
buku yang dihilangkan sudah tidak ada ditoko buku atau tidak diterbitkan lagi
maka pemustaka dapat mengganti buku dengan subyek yang sama
c) Atau
mengganti buku yang berbeda tetapi harganya sama
Dari
pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa layanan sirkulasi merupakan kegiatan
mengenai peredaran buku perpustakaan baik peminjaman dan pengembalian. Untuk
memperlancar kegiatan sirkulasi perlu membuat peraturan, rambu-rambu dan
ketentuan-ketentuan lainnya yang harus ditaati pemustaka.
Dan dalam mengatasi permasalahan yang timbul dari kegiatan layanan
sirkulasi dengan cara mempelajari permasalahan, mencari akar permasalahan dan
menentukan solusi serta menentukan alternatif yang tepat dalam pemecahan masalah.
Daftar Pustaka
Anoraga, Pandji. Psikologi kepemimpinan.
Jakarta : Rineka Cipta, 1992
Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta:
BPFE, 1991
Lasa HS. Jenis-jenis Informasi Perpustakaan.
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 1995
Martoatmojo, Karmidi. Pelayanan Bahan
Pustaka. Jakarta : UT, 2008
Qolyubi, Syihabuddin. Dasar-Dasar Ilmu
Perpustakaan dan Informasi . Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga, 2003
Terima Kasih, Sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas.
BalasHapusTerima kasih,inforn inf nya cukup akurat dan spesifikasif sangat membantu saya tingkatkan trus
BalasHapusSaya sangat beruntung setelah membaca blog ini, karena memberikan banyak informasi bagi saya.terima kasih.
BalasHapusSangat Bermanfaat 👍
BalasHapus